Poltekkes Kemenkes Pontianak

User login

Download dan extract files

Download dan extract files
Download Drupal dari http://drupal.org/project/drupal dan ekstrak file dengan alat kompresi (seperti tar atau 7-zip). wget http://drupal.org/files/projects/drupal-x.x.tar.gz tar -zxvf drupal-x.x.tar.gz Pindahkan file ke sebuah direktori dalam root dokumen web server Anda atau direktori publich_html Anda menggunakan perintah berikut, mengganti drupal-xx dengan nomor versi aktual. (Pada komputer banyak * nix path dari root server akan berada pada /var/www/.)
mv drupal-x.x /var/www/
Anda dapat menginstal dan menggunakan Drupal dalam bahasa lain dengan mendownload terjemahan dari http://drupal.org/project/translation. Extract file ke direktori Drupal (misalnya / var/www/drupal-x.x).
Buat file konfigurasi dan memberikan hak akses
Dalam direktori sites/default, salin file default.settings.php dengan nama file settings.php. cp sites/default/default.settings.php sites/default/settings.php Berikan hak istimewa menulis pada web server (644 atau u = rw, o = r, a = r) ke file konfigurasi. chmod a+w sites/default/settings.php Berikan hak istimewa menulis web server ke sites/default. chmod a+w sites/default Baca lebih lanjut tentang penyusunan file konfigurasi.
Buat database Drupal
Untuk menyelesaikan instalasi, Anda harus membuat database untuk Drupal digunakan. Anda dapat melakukan ini dengan baris perintah atau melalui phpMyAdmin (atau antarmuka web). mysqladmin -u username -p create databasename Di mana 'username' adalah pengguna MySQL yang memiliki hak istimewa dan GRANT CREATE. MySQL akan menanyakan untuk 'username' password database. Selanjutnya Anda harus mengatur hak akses database. Login ke MySQL: mysql -u username -p Pada prompt MySQL, ketik: GRANT SELECT, INSERT, UPDATE, DELETE, CREATE, DROP, INDEX, ALTER, CREATE TEMPORARY TABLES, LOCK TABLES ON databasename.* TO 'username'@'localhost' IDENTIFIED BY 'password'; dimana: 'Databasename' adalah nama database Anda 'Username' adalah username MySQL Anda akun 'Localhost' adalah nama server yang digunakan untuk mengakses MySQL 'Password' adalah password yang diperlukan untuk username Jika berhasil, MySQL akan menjawab dengan: Query OK, 0 rows affected
Jalankan script instalasi
Untuk menjalankan skrip instalasi, arahkan browser Anda ke URL dasar website Anda (misalnyahttp://www.contoh.com, http://www.contoh.com/drupal atau http://localhost/drupal). Wizard instalasi akan memandu Anda melalui beberapa layar untuk mengatur database, menambahkan account pengguna pertama, dan memberikan pengaturan dasar situs web. Ikuti wizard untuk menyelesaikan instalasi dan mulai bekerja dengan Drupal. Baca lebih lanjut tentang script installasi (bersama dengan penjelasan rinci tentang semua pilihan yang tersedia)